https://youtu.be/zaOShh_rUtg

Berikut rangkaian pelaksanaan kegiatan PPK 2020 UMK

Previous Next

Pelaksanaan Kuliah Keterampilan Wajib Semester Gasal 2020/2021 akan dilaksanakan sesuai dengan pengumuman diatas

Berikut Alur pelaksanaan kuliah keterampilan wajib:

1. PENGAMBILAN MATA KULIAH

Pengambilan mata kuliah dilaksanakan pada tanggal 4 s.d 5 September 2020 di Portal Akademik UMK. Mahasiswa entry mata kuliah wajib yang ingin diambil.

2. PEMBAYARAN KW

Setelah melakukan entry mata kuliah maka akan muncul tagihan pembayaran di portal akademik mahasiswa. Tagihan tersebut dapat dibayarkan pada tanggal 14 s.d 29 September 2020 dengan dua cara. yaitiu Offline dan Online.

Pembayaran secara Offline dengan datang langsung ke BSM Kudus Pusat (Alamat: Jl. Jend. A. Yani, Magersari, Panjunan, Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59317, Indonesia)

Pembayaran secara Online melalui Mbanking atau jasa E-Payment (OVO, DANA, dll) dilarang keras melakukan pembayaran melalui TF ATM. Di tujukan ke Rekening Rektor: 7068849807

gunakan format yang jelas: NIM_KW YG DIAMBIL_ NAMA MAHASISWA

NB: PASTIKAN NIM DAN JUMLAH UANG YG DI TRANSFER SESUAI, KARNA INI BERPENGARUH DI VERIFIKASI NANTINYA.

3. ENTRY JADWAL

Setelah data terverifikasi maka pada tanggal 8 s.d 9 Oktober 2020 Mahasiswa melaksanakan Entry Jadwal Kelas dan Dosen di PORTAL KAWE untuk melaksanakan perkuliahan KW di SMT GASAL 2020/2021.

 

 

Program PPK ini dibiayai oleh DIRJEN PENGUAT RISET DAN PENGEMBANGAN, DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (DRPM). Isi dari pelatihan ini adalah Cara Mendirikan Usaha Baru, Pemasaran Produk Baru, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pengembangan Produk serta Penguatan Daya Saing. Sedikit cuplikan kegiatan kami abadikan dalam bentuk video yang bisa mahasiswa lihat di youtube.

Previous Next

Mahar atau maskawin adalah harta yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki (atau keluarganya) kepada mempelai perempuan (atau keluarga dari mempelai perempuan) pada saat pernikahan. Istilah yang sama pula digunakan sebaliknya bila pemberi mahar adalah pihak keluarga atau mempelai perempuan. Secara antropologi, mahar sering kali dijelaskan sebagai bentuk lain dari transaksi jual beli sebagai kompensasi atas kerugian yang diderita pihak keluarga perempuan karena kehilangan beberapa faktor pendukung dalam keluarga seperti kehilangan tenaga kerja, dan berkurangnya tingkat fertilitas dalam kelompok.Seiring berkembangnya zaman maka berkembang juga bentuk dari Mahar saat ini. Seperti dari salah satu mahasiswa UMK Wahyunita Khairunnisa dengan ide kreatifnya berhasil membuat berbagai macam Mahar yang unik dan bisa custom sesuai keinginan. Koleksi lengkap dari Wahyunita bisa dilihat di Instagram @maharku_craft

Previous Next

UPT MKU - Studi kelayakan usaha/bisnis (businesses feasibility study) atau disebut juga analisis  proyek  bisnis  ialah  suatu  penelitian  tentang  layak  tidaknya  suatu  bisnis dilaksanakan  dengan  menguntungkan  secara  kontinyu.  Studi  ini  pada  dasarnya membahas  berbagai  konsep  dasar  yang  berkaitan  dengan  keputusan  dan  proses pemilihan proyek bisnis  agar mampu memberikan manfaat ekonomis dan  social sepanjang  waktu.  Dalam  studi  ini,  pertimbangan-pertimbangan  ekonomis  dan teknis sangat penting karena akan dijadikan dasar implementasi kegiatan usaha.

Studi kelayakan usaha  bukanlah suatu  yang  sederhana tetapi merupakan suatu kegiatan yang harus dianggap sebagai proses   karena terdiri dari beberapa tahapan. Studi kelayakan juga cukup komplek karena didalamnya terdapat beberapa aspek kelayakan usaha  yang  harus dikaji untuk menentukan layak atau tidaknya suatu rencana usaha. Oleh karena itu, untuk memperoleh hasil studi kelayakan usaha yang baik, maka kegiatan studi kelayakan usaha haruslah dilakukan secara  sistematis  sesuai  dengan  tahapan-tahapannya  serta  memperhatikan  aspek-aspek  yang mempengaruhi usaha tersebut.

Previous Next

UPT MKU - Kegiatan  wirausaha  adalah  menciptakan  barang/jasa  baru,  proses  produksi baru, organisasi (manajemen) baru, bahan baku baru, pasar baru. Hasil-hasil dari kegiatan-kegiatan wirausaha tersebut menciptakan nilai atau kemampulabaan bagi perusahaan. Kemampulabaan menciptakan nilai tersebut            karena  seorang wirausaha memiliki sifat-sifat kreatif dan inovatif. Kemampuan   untuk   memecahkan   masalah   dan   memanfaatkan   peluang didasari   sifat kreativitas dari   para   pengelolanya, yaitu   kemampuan untuk menciptakan gagasan baru dan menemukan cara baru dalam menyikapi masalah dan   memanfaatkan peluang. Sedangkan   inovasi adalah  kemampuan    untuk menerapkan  gagasan-gagasan  baru  atau  pemecahan  kreatif  terhadap  berbagai masalah  dan  dalam  memanfaatkan  peluang.  Pengertian  kreativitas  dan  inovasi secara singkat sering dianalogikan : creativity – thinking new things, innovations = doing new things.

Motivasi berasal dari kata latin "movere" = to move = memindahkan, artinya pindah dan suatu kondisi tertentu ke kondisi yang lain.  Motif sebagai  sesuatu yang  ada  dalam diri  manusia  yang  membangkitkan, mengaktifkan, memindahkan, mengarahkan dan menyalurkan perilakunya menuju tercapanya tujuan. Motivasi    membantu    seorang  wirausahawan    memperoleh pengetahuan, keterampilan dan kemampuan pada kesempatan pertama dan memberikan  dorongan  serta  energi  untuk  menetapkan  tindakan yang diperlukan.

Page 1 of 2